Distribusi Logistik Pemilu Capai 70 Persen, KPU Jabar Gerak Cepat

Distribusi Logistik Pemilu Capai 70 Persen, KPU Jabar Gerak Cepat Ilustrasi. (Net)
PINDAINEWS, Bandung - KPU Jawa Barat terus mengecek kesiapan logistik jelang Pemilu 2019 yang tinggal sekitar satu bulan. Sejauh ini pendistribusian logistik Pemilu sudah mencapai 70%.

Selain mengecek kesiapan, KPU juga memastikan tidak ada logistik khususnya surat dan kotak suara yang rusak saat hari pencoblosan 17 April nanti.

Komisioner KPU Jabar, Nina Yuningsih mengatakan, kerusakan logistik yang terlapor saat ini menyangkut kotak suara dan surat suara. Contohnya, di Cirebon ada lebih dari 1.000 kotak suara rusak karena terkena air hujan.

Selain itu, surat suara yang sudah mulai didistribusikan ke KPU Kabupaten/Kota pun ternya saat dibuka dari dalam kardusnya, terdapat beberapa surat robek, kusut dan terkena noda.

"Ada kerusakan barang logistik untuk kotak suara di Cirebon akibat terkena air hujan, lebih dari 1.000 kotak suara dan langsung ditindaklanjuti dan minta penggantian. Surat suara juga rusak ditemukan saat sortir dan lipat, di dalam satu dus isi 200 lembar, kurang lebih 5 lembar yang rusak," ujar Nina saat dihubungi melalui telepon, Rabu (13/3/2019).

Nina menuturkan, semua logistik yang rusak tersebut langsung ditindaklanjuti dan segera dilaporkan ke KPU RI untuk meminta penggantinya. "Kerusakan surat suara ditemukan hampir merata di seluruh kabupaten kota, tapi volumenya sangat kecil," tambahnya.

Nina juga menerangkan dalam proses sortir dan lipat, pihaknya melibatkan jajaran pemerintah desa dan masyarakat umum. "Sortir itu kami laksanakan satu persatu jenis lembar, kami libatkan tingkat desa dan masyarakat dalam sorlip," pungkasnya.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar

Tidak Ada Komentar.